SELAMAT DATANG DI PONDOK PESANTREN BAYT AL-HIKMAH KOTA PASURUAN INFO PENDAFTARAN : Silahkan hub : 081553112245 (UST DHONY)| Terima Kasih

BIMBEL CERIA SMA BAYT AL-HIKMAH

Tanggal : 18 Maret 2017 Oleh : Administrator

Berbagai ikhtiyar telah dilakukan oleh civitas SMK & SMA Bayt Al-Hikmah terutama oleh para Ustadz & Ustadzah demi untuk mensukseskan pelaksanaan UN Tahun 2017. Pelaksanaan UN sudah semakin dekat , yakni untuk SMK akan dilaksanakan serentak pada tanggal 3-6 April 2017 dan SMA akan dilaksanakan seminggu setelah UN SMK yakni, pada tanggal 10-13 April 2017. Meskipun semakin dekat waktu UN tersebut namun semangat para Ustadz & Ustadzah untuk memberikan bimbingan kepada para Santri dalam bentuk belajar bersama, motivasi serta do’a tidak pernah pupus dan berhenti ditengah jalan.

Beberapa ikhtiyar yang telah dilakukan para asatidz/dzah tidak hanya cukup melakukan pembelajaran di dalam kelas sesuai jadwal normal biasanya. Mereka masih menyisihkan waktu luangnya di sore hari untuk memberikan jam bimbel tambahan. Harapannya ini akan dapat memberikan hasil/ nilai yang terbaik bagi para Santri SMK-SMA. Namun tidak hanya berhenti disitu saja, melihat para Santri yang sudah mulai merasa jenuh dengan suasana yang ada maka Tim Sukses UN 2017 yang terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kasubag Kurikulum dan Guru Mapel UN membuat Program Kegiatan yang lebih menarik & kreatif. Program ini yang kemudian dikenal dengan istilah “Bimbel Ceria”.

Bimbel Ceria merupakan konsep pemberian bimbingan belajar dengan memasukkan unsur-unsur permainan/ games sebagai suatu metode untuk bisa lebih mengaktifkan & menjadikan Santri (Siswa) sebagai pusat pembelajar (Student Centered). Kegiatan ini diawali dengan menentukan lokasi/ tempat tujuan sesuai dengan hasil kesepakatan antara pihak Santri dengan pihak sekolah. Lokasi yang ditawarkan untuk tempat Bimbel Ceria adalah rumah dari salah satu Santri atau Ustadz-Ustadzah yang sudah disetujui oleh orang tua dan pihak sekolah. Penentuan lokasi tempat Bimbel ini dengan mempertimbangkan beberapa faktor, antara lain:

  1. Memiliki ruang/ halaman yang cukup untuk menampung peserta bimbel
  2. Letak lokasi tempat bimbel tidak jauh dari sekolah
  3. Telah disetujui oleh pihak orang tua / wali Santri

Pertimbangan faktor-faktor tersebut diharapkan kegiatan bimbel dapat memberikan hasil yang maksimal dan memuaskan.

Bimbel ceria dilaksanakan dalam 3 edisi yang terpisah antara Santri Putra dengan Santri Putri. Bimbel Ceria Edisi I dilaksanakan pada bulan Februari 2017 bertempat di rumahnya salah satu Ustadzah SMK-SMA Bayt Al-Hikmah yang ada di kota Pasuruan. Bimbel Ceria ini tepatnya dilaksanakan pada hari Kamis, 23 Februari 2017 dengan Pengajar sebanyak 3 orang, yaitu:

  1. Ustadzah Alfarini (Bahasa Indonesia)
  2. Ustadzah Novita (Fisika)
  3. Ustadzah Putri (Ekoomi)

Pesertanya adalah Santri Putri peminatan MIA & peminatan IIS. Masing-masing mendapatkan jatah 2 mata pelajaran yang berbeda di hari itu. Santri Kelas XII MIA putri mendapatkan bimbel mapel B. Indonesia & Fisika sedangkan Santri Kelas XII IIS putri mendapatkan bimbel mapel B. Indonesia & Ekonomi.

Penasaran dengan suasana Bimbel Ceria Edisi I, mari kita lihat bareng-bareng….!!!!

 
 

Dari gambar di atas terlihat para santri begitu enjoy & menikmati pembelajaran ala Bimbel Ceria.  Dua orang santri terlihat sibuk menyusun rumusan tentang Pendapatan Nasional (Gambar 1). Beberapa santri pada gambar 2 sibuk mengambil stik untuk bisa menyelesaikan tugas dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Itulah suasana Bimbel Ceria pada Santri Putri Kelas XII. Lalu bagaimanakah suasana yang ada pada Santri Putra Kelas XII. Pada hari Sabtu, tepatnya tanggal 25 Februari 2017 giliran Santri Putra melakukan kegiatan Bimbel Ceria. Lokasi kegiatannya dilakukan di salah satu rumah santri an. Abd. Rozaq yang berada di Perumahan Pesona Candi Kota Pasuruan dengan Pengajar dan mata pelajaran yang masih sama dengan Bimbel Ceria Edisi I Putri.

Bagaimanakah kondisi dalam kegiatan mereka, mari kita lihat sekarang….!!!

Dari gambar 1 & 2 terlihat bagaimana para santri berinteraksi untuk memecahkan masalah yang diberikan oleh Ustadzahnya dengan rasa enjoy dan tanpa beban. Itulah keceriaan para santri SMA dalam Bimbel Ceria Edisi I. Bagaimanakah keceriaan Bimbel Ceria pada edisi II, yuuk kita lihat bersama-sama….!!!

Bimbel Ceria Edisi II dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2017 untuk santri putri & 7 Maret 2017 untuk santri putra. Santri putri dengan jumlah 28 orang pada hari Senin, 6 Maret 2017 sekitar jam 07.30 WIB telah siap menuju rumah Nurrotun Nadzifah di daerah Grati Kabupaten Pasuruan. Mereka terdiri dari 16 orang santri jurusan MIA/IPA & 12 orang santri jurusan IIS/IPS. Mata pelajaran yang akan diberikan pada hari itu adalah Bahasa Indonesia & Kimia untuk Santri jurusan MIA & Bahasa Inggris & Geografi untuk Santri jurusan IIS.

Tidak kalah serunya dengan Bimbel Ceria I, pada Bimbel Ceria II ini santri jurusan MIA diajak belajar Kimia oleh Ustadzah Fauqol Budur (panggil saja Ustadzah Puput) dengan bermain Hulahoop. Ini dia aturan permainannya:

  1. Memutar hulahop tanpa dipegang disertai dengan nyanyian "sedang apa" yang seluruh kata-katanya berhubungan dengan KIMIA. Permainan berlangsung sekitar 20 menit.
  2. Santri yang tidak bisa melanjutkan kata yg diucapkan atau kata-kata itu tidak berhubungan dgn kimia, maka mengambil gulungan soal.
  3. Soal yang sudah terkumpul dikerjakan.

Belajar Kimia dengan bermain Hulahoop

Santri jurusan IIS pun tidak mau kalah mereka oleh Ustadz Deni (pengajar Geografi) diajak belajar Geografi dengan bermain Monopoli. Aturan permainan monopolinya sebagai berikut:

  1. Santri yang mempunyai sertifikat tanah juga mempunyai kartu soal
  2. Bagi siapa yang singgah ke tanahnya akan diberi kartu soal yang harus dijawab
  3. Kalau tidak bisa menjawab, maka kena denda. Soal diambil dari soal UN.
  4. Pemenang dihitung berdasarkan jumlah uang dan jumlah aset yg dimiliki.


Belajar Geografi dengan monopoli

Belajar Kimia & Geografi sudah dilakukan dengan permainan Hulahop dan monopoli. Bagaimanakah dengan permainan dalam belajar Bahasa Inggris yang diampu oleh Ustadz Nurdiansyah. Ternyata Bahasa Inggris juga menggunakan permainan yang tidak kalah serunya, yakni arrangement of functional text & mention the feature and the characteristic of the text based on carambol games.


Carambol games

Aturan dalam permainan karambol ini adalah:

  1. Santri dibagi dalam kelompok bermain
  2. Santri yang berhasil memasukkan koin mendapat kesempatan untuk menyusun kata sesuai dengan jenis & karakteristik yang ada di white board
  3. Yang bisa menyusun dengan cepat & benar maka menjadi pemenang


Menyusun kata sesuai jenis/karakteristinya

Itulah rangkaian Bimbel Ceria II pada Santri Putri. Bagaimanakah dengan Santri Putra? Bimbel Ceria II Santri Putra dilaksanakan tepat pada hari Selasa, 7 Maret 2017 di rumahnya M. Iqbal yang berlokasi di Perumahan Gading Kota Pasuruan. Santri putra dengan jumlah 20 orang ini terdiri dari 7 orang santri putra jurusan MIA dan 13 orang santri putra jurusan IIS. Kebetulan masih dengan mata pelajaran yang sama dengan Bimbel Ceria II pada santri putri, yakni Kimia, Geografi dan Bahasa Inggris.

Ada permainan yang berbeda yang dilakukan dalam pembelajaran Kimia dan Bahasa Inggris. Kali ini Ustadzah Puput mencoba memberikan permainan yang baru yaitu Permainan kartu atom "menentukan jari-jari atom dari yang terkecil ke terbesar".  Aturan mainnya sebagai berikut:

  1. Yang dapat paling kecil/tidak mempunyai kartu atom maka dapat balon.
  2. Balon ditusuk dengan sapu lidi, jika balon meletus maka soal wajib dikerjakan.

      
                Kartu atom Kimia                     Bermain kartu atom                            Menusuk balon

 

Untuk Bahasa Inggris kali ini giliran Ustadzah Luluk untuk mengajak santri putra bermain paku ajaib. Cara permainannya adalah bagi santri yang bisa memasukkan paku ke dalam botol maka akan mendapatkan kartu soal & yang bisa menjawab akan mendapat nilai. Soal berupa isian dialog.

 
                 Bermain paku ajaib                                           Kartu Soal

Itulah rangkaian kegiatan Bimbel Ceria Edisi II SMA Bayt Al-Hikmah Pasuruan yang diikuti oleh para Santri Kelas XII. Mereka menjalani bimbel dengan penuh ceria & bermakna. Masih banyak lagi keceriaan dalam Bimbel Ceria lain yang lebih menarik pada edisi selanjutnya. By Ust. Bahrul Ulum, M.Si                                  


Komentar Anda



Berita Terbaru

SEGUDANG PERMASALAHAN REMAJA KITA
Anak muda kita sekarang tidak lagi bikin pusing, tapi tambah bikin kepala jadi pecah. Pakai motor tiap hari, tapi tidak punya SIM, dipreteli pula. Keb

Standart Pendidikan Menjadi Pahlawan
Lan Fang, adalah teman bang AS, sebut saja AS Laksana, seorang penulis produktif di media masa. Saya tidak pernah bertemu dengan bang AS, dan hanya me

INTEGRASI PANDANG MANUSIA Menuju Rana Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Siswa
Berangkat dari sebuah pandangan bahwa manusia itu terdiri dari tiga komponen dan semua itu butuh proses pendidikan, yaitu : Manusia itu mempunyai aka

PESANTREN, SANTRI DAN KYAI
BAYT AL HIKMAH DOT NET – Tidak berlebihan jika Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang diperkirakan tak lekang oleh waktu dan tempat kecuali

MENUJU LEMBAGA PENDIDIKAN BERKARAKTER
Pasuruan – “Kegiatan Ekstrakurikuler di SMK belum dikatakan berhasil selama belum berhasil membangun karakter”, ujar Pak Aroem (nara

FOLLOW US

YAHOO MESSENGER

PENGUNJUNG

Flag Counter

Youtube Terbaru

GOOGLE +

Twitter