SELAMAT DATANG DI PONDOK PESANTREN BAYT AL-HIKMAH KOTA PASURUAN INFO PENDAFTARAN : Silahkan hub : 081553112245 (UST DHONY)| Terima Kasih

MENUJU LEMBAGA PENDIDIKAN BERKARAKTER

Tanggal : 26 Mei 2015 Oleh : team Himmah

Pasuruan – “Kegiatan Ekstrakurikuler di SMK belum dikatakan berhasil selama belum berhasil membangun karakter”, ujar Pak Aroem (narasumber) dari UNESA dalam Kegiatan Pembinaan Kesiswaan SMK, Tingkat Provinsi Jatim Tahap II yang diadakan di Hotel Inna Tretes 20-22 Mei 2015.
Berbicara karakter dapat dipastikan laku di setiap waktu dan tempat. Selama bumi yang rela kita injak ini belum gulung tikar. Tetapi mungkin yang dimaksud pak roem adalah bukan hanya sekedar karakter, sebab kalau hanya sekedar membangun karakter disetiap lembaga punya. Hal ini perlu diluruskan, bahwa karakter yang dimaksud adalah karakter yang baik. Karakter yang baik pun belum cukup, perlu ada kejelasan lagi, jangan-jangan karakter yang dimaksud baik menurut sebagian tetapi belum tentu baik menurut yang lain. Dan bahkan ada yang menerabas atau bertentangan dengan syariat Islam. Saya contohkan dan mohon di koreksi bila keliru, baru-baru ini kita menyaksikan perilaku pelajar di Negeri ini yang tanpa sungkan akan melaksanakan pesta bikini setelah selesai menghadapi Ujian Nasional (UN).
Pendidikan dewasa ini dituntut untuk dapat merubah peserta didik ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan Nasional telah merumuskan 18 Nilai Karakter yang akan ditanamkan dalam diri peserta didik sebagai upaya membangun karakter bangsa. Berikut akan dipaparkan mengenai 18 Nilai Dalam Pendidikan Karakter Versi Kemendiknas :
Religius, yakni ketaatan dan kepatuahan dalam memahami dan melaksanakan ajaran agama (aliran kepercayaan) yang dianut, termasuk dalam hal ini adalah sikap toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama (aliran kepercayaan) lain, serta hidup rukun dan berdampingan.
1. Jujur, yakni sikap dan perilaku yang menceminkan kesatuan antara pengetahuan, perkataan, dan perbuatan (mengetahui apa yang benar, mengatakan yang benar, dan melakukan yang benar) sehingga menjadikan orang yang bersangkutan sebagai pribadi yang dapat dipercaya.
2. Toleransi, yakni sikap dan perilaku yang mencerminkan penghargaan terhadap perbedaan agama, aliran kepercayaan, suku, adat, bahasa, ras, etnis, pendapat, dan hal-hal lain yang berbeda dengan dirinya secara sadar dan terbuka, serta dapat hidup tenang di tengah perbedaan tersebut.
3. Disiplin, yakni kebiasaan dan tindakan yang konsisten terhadap segala bentuk peraturan atau tata tertib yang berlaku.
4. Kerja keras, yakni perilaku yang menunjukkan upaya secara sungguh-sungguh (berjuang hingga titik darah penghabisan) dalam menyelesaikan berbagai tugas, permasalahan, pekerjaan, dan lain-lain dengan sebaik-baiknya.
6. Kreatif, yakni sikap dan perilaku yang mencerminkan inovasi dalam berbagai segi dalam memecahkan masalah, sehingga selalu menemukan cara-cara baru, bahkan hasil-hasil baru yang lebih baik dari sebelumnya.
7. Mandiri, yakni sikap dan perilaku yang tidak tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan berbagai tugas maupun persoalan. Namun hal ini bukan berarti tidak boleh bekerjasama secara kolaboratif, melainkan tidak boleh melemparkan tugas dan tanggung jawab kepada orang lain.
8. Demokratis, yakni sikap dan cara berpikir yang mencerminkan persamaan hak dan kewajiban secara adil dan merata antara dirinya dengan orang lain.
9. Rasa ingin tahu, yakni cara berpikir, sikap, dan perilaku yang mencerminkan penasaran dan keingintahuan terhadap segala hal yang dilihat, didengar, dan dipelajari secara lebih mendalam.
10. Semangat kebangsaan atau nasionalisme, yakni sikap dan tindakan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau individu dan golongan.
11. Cinta tanah air, yakni sikap dan perilaku yang mencerminkan rasa bangga, setia, peduli, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, budaya, ekomoni, politik, dan sebagainya, sehingga tidak mudah menerima tawaran bangsa lain yang dapat merugikan bangsa sendiri.
12. Menghargai prestasi, yakni sikap terbuka terhadap prestasi orang lain dan mengakui kekurangan diri sendiri tanpa mengurangi semangat berprestasi yang lebih tinggi.
13. Komunikatif, senang bersahabat atau proaktif, yakni sikap dan tindakan terbuka terhadap orang lain melalui komunikasi yang santun sehingga tercipta kerja sama secara kolaboratif dengan baik.
14. Cinta damai, yakni sikap dan perilaku yang mencerminkan suasana damai, aman, tenang, dan nyaman atas kehadiran dirinya dalam komunitas atau masyarakat tertentu.
15. Gemar membaca, yakni kebiasaan dengan tanpa paksaan untuk menyediakan waktu secara khusus guna membaca berbagai informasi, baik buku, jurnal, majalah, koran, dan sebagainya, sehingga menimbulkan kebijakan bagi dirinya.
16. Peduli lingkungan, yakni sikap dan tindakan yang selalu berupaya menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar.
17. Peduli sosial, yakni sikap dan perbuatan yang mencerminkan kepedulian terhadap orang lain maupun masyarakat yang membutuhkannya.
18. Tanggung jawab, yakni sikap dan perilaku seseorang dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, baik yang berkaitan dengan diri sendiri, sosial, masyarakat, bangsa, negara, maupun agama.
Demikian 18 Nilai Dalam Pendidikan Karakter Versi Kemendiknas dalam upaya membangun karakter bangsa melalui pendidikan di sekolah atau madrasah. Berikutnya yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana upaya sebuah lembaga pendidikan berhasil dalam menterjemahkan atau memasukkan 18 nilai pendidikan karakter tersebut dalam setiap program-program yang akan dijalankan ?
Menurut penulis, ada istilah “tak kenal maka tak sayang”, maka langkah awal buat lembaga pendidikan yang warganya belum akrab dengan 18 nilai pendidikan karakter tersebut, sembari upaya lembaga pendidikan menyusupkan 18 nilai pendidikan karakter menjelma menjadi program-program pendidikan yang akan dijalankan. Warga pendidikan sangat aktif dalam memperkenalkan nilai-nilai karakter tersebut di lingkungannya. Baik dalam bentuk ucapan, tindakan (sikap), atau tulisan dalam sebuah tempelan-tempelan yang strategis dan mudah untuk di lihat dan di hafalkan. seperti memberikan inisial dalam setiap awalan huruf kata layaknya rumus matematika, yaitu :

  • P2 + S1 + K3     : Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Semangat Kebangsaan, Kerja Keras, Kreatif Dan Komunikatif
  • G1 + T2             : Gemar Membaca, Toleransi, Dan Tanggung Jawab
  • M2 + C2            : Mandiri, Menghargai Prestasi, Cinta Damai, Dan Cinta Tanah Air
  • J1 + D2 + R2     : Jujur, Disiplin, Demokratis, Relegius, Dan Rasa Ingin Tahu

Terlebih lagi, lembaga pendidikan tingkat dasar dan menengah yang letaknya berada di tengah-tengah pondok pesantren seperti pesantren Bayt Al-Hikmah. Di Pesantren tercinta ini, tentu pendidikan karakter bukan hanya sebuah keharusan, melainkan sebuah kesempurnaan akhlak yang harus untuk diamalkan. Hal ini sebagaimana digambarkan dalam ajaran Islam “innama buitstu li utammima makarimal akhlaq”, Baginda Rasul Muhammad SAW mengatakan (saya diutus tidak lain adalah untuk meneympurnakan akhlak).

Pasuruan, 25 Mei 2015 Oleh. Ust. Muhammad Mahfudz Rifa'i, M.Pd.I


Komentar Anda



Berita Terbaru

Workshop Pengabdian Masyarakat yang diadakan oleh Universitas Brawijaya Malang
Workshop Pengabdian Masyarakat yang diadakan oleh Universitas Brawijaya Malang pada tanggal 11 Agustus 2018 tentang Media Pembelajaran telah sukses di

Penandatangan MOU SMK Bayt Al-Hikmah dengan Brighton English Malang
Test of English for International Communication atau lebih sering disebut TOEIC adalah tes bahasa Inggris yang dirancang secara khusus untuk mengukur

LOWONGAN KERJA
Yayasan Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan membuka lowongan pekerjaan sebagai berikut : 1. Pengajar Tingkat SMP      a.  Guru PKN 2. Pen

Hari Santri Berkreasi
Bayt Al Hikmah - Perayaan Hari Santri Nasional tahun ini banyak dilakukan dimana-mana dengan berbagai macam ifent yang berbeda-beda. Kemarin (21/10) S

Senyum Buat Para Juara
Bayt Al Hikmah - Selalu mempunyai banyak ifent-ifent lomba untuk  ikut serta. Kemarin (7/10)  SMA dan SMK terbang ke kota pahlawan Surabaya

FOLLOW US

YAHOO MESSENGER

PENGUNJUNG

Flag Counter

Youtube Terbaru

GOOGLE +

Twitter