header-int

RUKYATUL HILAL PENENTUAN AWAL 1 SYAWAL DI PP BAYT AL-HIKMAH OLEH KEMENAG DAN NU KOTA PASURUAN

Rabu, 10 Apr 2024, 23:11:51 WIB - 349 View
Share
RUKYATUL HILAL PENENTUAN AWAL 1 SYAWAL DI PP BAYT AL-HIKMAH OLEH KEMENAG DAN NU KOTA PASURUAN

Pasuruan, 9 April 2024, Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan menjadi saksi peristiwa penting dalam kalender Islam hari ini ketika Kementerian Agama (KEMENAG) bersama dengan Nahdlatul Ulama (NU) Kota Pasuruan menyelenggarakan proses rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Syawal.

Rukyatul hilal adalah kriteria penentu awal bulan kalender hijriyah dengan cara merukyah (mengamati) hilal  secara langsung. Apabila hilal (bulan sabit) tidak terlihat (atau gagal terlihat), maka bulan (kalender) berjalan digenapkan (istikmal) menjadi 30 hari.

Hadir dalam proses penentuan rukyatul hilal yaitu Gus H. M. Nailur Rochman, S. IP, M. Pd selaku Direktur Pendidikan Bayt Al-Hikmah, M. Muhlisin Mufa Kepala KEMENAG Pasuruan, M. Kholil Ketua LFNU, Muhammad Akmal Habib perwakilan UIN Walisongo, serta beberapa perwakilan lainnya yaitu dari PP. Sidogiri, PP. Salafiyah, Peradilan Agama Pasuruan, dan KUA Gading Pasuruan serta perwakilan dari Pemerintah Kota Pasuruan. 

Dalam suasana yang penuh khidmat para undangan berkumpul  untuk mengamati hilal, bulan baru, yang menjadi penanda penting dalam perhitungan kalender Islam. Proses ini, yang dilakukan setiap tahun menjelang Hari Raya Idul Fitri, merupakan tradisi yang telah dilakukan secara turun temurun oleh umat Muslim. Selama proses pengamatan hingga pukul 17. 58 Tim Rukyatul Hilal dari titik lokasi Bayt Al-Hikmah hilal belum terlihat dikarenakan cuaca yang mendung. 

Namun berdasarkan Pengurus Wilayah NU Jawa Timur hilal sudah terlihat dari beberapa wilayah di Jawa Timur seperti Lamongan dan Sidoarjo. Dan hal tersebut dapat dijadikan bahan pertimbangan oleh PBNU untuk disampaikan kepada Menteri Agama RI untuk mengisbatkan 1 Syawal 1445 Hijriah bertepatan dengan Rabu 10 April 2024 Masehi. 

Acara rukyatul hilal ini tidak hanya menjadi ajang untuk menentukan awal 1 Syawal, tetapi juga menjadi momentum untuk mempererat hubungan antar sesama, dan secara tidak langsung juga menjaga silaturahim satu sama lain. 

Dan bagi kita semua, mari kita sambut Idul Fitri dengan penuh suka cita dan kebahagiaan. Semoga rahmat Allah senantiasa melimpahkan, dan kita dapat mempererat silaturahmi serta memaafkan satu sama lain dan bisa bertemu lagi pada bulan Ramadan di tahun-tahun mendatang. Taqabbalallahu minna wa minkum.

Unidha Alamat : Jl. Patiunus No.25, Krampyangan, Bugulkidul, Kota Pasuruan, Jawa Timur
Telepon : (0343)413549
Email : info@baytalhikmah.net
© 2024 Yayasan Bayt Al-Hikmah Pasuruan
WhatsApp-Button