header-int

Praktik Kerja Industri, Sebagai Media Mengasah Kemampuan Siswa dalam Kompetisi Industri yang Sesungg

Kamis, 00 0000, 21:27:10 WIB - 966 View
Share
Praktik Kerja Industri, Sebagai Media Mengasah Kemampuan Siswa dalam Kompetisi Industri yang Sesungg

Praktik Kerja Industri (Prakerin) merupakan salah satu program yang dikembangkan SMK Bayt Al Hikmah Pasuruan yang wajib diikuti oleh siswa pada semester empat. Sesuai dengan nama kegiatan ini, prakerin merupakan kegiatan praktik dan aplikatif dalam menerapkan konsep maupun prinsip yang diperoleh dari kegiatan pembelajaran di sekolah. Dengan kegiatan Prakerin, diharapkan ilmu dan informasi yang dimiliki oleh siswa akan semakin banyak selama kegiatan prakerin berlangsung. Prakerin SMK Bayt Al Hikmah merupakan bagian dari sistem pembentukan profesionalisasi kependidikan bidang Desain Komunikasi Visual.

Seperti kegiatan prakerin pada tahun sebelumnya, tahun ini SMK Bayt Al Hikmah Pasuruan menjalin kerjasama dengan Dunia Usaha/Industri (DU/DI) di Malang, Sidoarjo dan Surabaya sebagai tempat prakerin yang dituju. DU/DI yang masuk daftar kerjasama tahun ini antara lain PT.Giga Nusa Sidoarjo, TV9 Nusantara Surabaya, TIK Cerdas Surabaya, Media Ummat Malang, UBTV Malang, dan PROBIS UM. Semua DU/DI yang disebutkan di atas sudah linier dan sesuai dengan bidang Desain Komunikasi Visual. 
 
Kegiatan prakerin yang dilaksanakan mulai tanggal 14 Januari ini diharapkan akan menghasilkan kemampuan sebagai berikut.
1. Siswa mampu menerapkan teori-teori desain komunikasi visual khususnya penerapan pada Dunia Industri.
2. Siswa mampu bersikap positif sebagai anggota, rekananan, staf/karyawan sebuah dunia industri tertentu.
3. Siswa mampu menerapkan disiplin kerja yang tinggi sebagai peserta prakerin maupun sebagai bagian dari dunia industri tertentu.
4. Siswa mampu bekerjasama dengan kelompok kerja yang lebih besar.
5. Siswa mampu membuat laporan kegiatan prakerin yang telah dilaksanakan.
 
Disisi lain, tujuan dilaksanakannya kegiatan prakerin ini ada tiga hal. Pertama, siswa kompeten dalam melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan bidang keahlian. Tujuan kedua adalah siswa siap menjadi tenaga profesional dalam bidang keahliannya. Ketiga, siswa siap menjadi pengusaha sesuai dengan bidang keahliannya. 
 
Semoga kegiatan prakerin pada tahun pelajaran 2018/2019 ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan dari semua pihak. Selamat berkarya untuk peserta prakerin dan menghasilkan karya-karya dengan standar industri yang mampu bersaing pada revolusi industri 4.0
SMK Bayt Al Hikmah Bisa! 
SMK Bayt Al Hikmah Hebat! 
 

Unidha Alamat : Jl. Patiunus No.25, Krampyangan, Bugulkidul, Kota Pasuruan, Jawa Timur
Telepon : (0343)413549
Email : info@baytalhikmah.net
© 2024 Yayasan Bayt Al-Hikmah Pasuruan
WhatsApp-Button