header-int

Buku BK : Karya Baru Guru Bayt Al Hikmah

Kamis, 00 0000, 04:27:10 WIB - 28 View
Share
Buku BK : Karya Baru Guru Bayt Al Hikmah

Pasuruan – Bayt Al Hikmah, (07 Agustus 2019). Kutipan syair di atas menggambarkan keberhasilan salah satu guru SMA dan SMK Bayt dalam menghasilkan sebuah karya. Adalah ustad Alfan dan Ustadah Diana yang berhasil menyelesaikan karya terbaru mereka yaitu buku yang berjudul Bimbingan Konseling kelas 10.  Ini tidak sekedar membuktikan bahwa tim BK tidak hanya sekedar guru hebat namun juga menginspirasi. Kemarin secara resmi buku BK tersebut dilaunching langsung oleh kepala sekolah Ust. Ulum disela sela rapat bulanan SMA dan SMK Bayt Al Hikmah. Ditemui secara terpisah di ruangannya Ustad Alfan bercerita tentang proses penyusunan buku pertama yang dibikin oleh internal SMA dan SMK Bayt Al Hikmah ini. “Buku ini disusun memakan waktu hampir setahun”. Kata beliau (05/08/2019). “Isinya membahas tentang materi-materi BK yang sangat berguna dan menunjang dalam proses pembelajaran dibidang BK  tingkat SMA dan SMK kelas 10” lanjutnya ustad yang juga akrab dipanggil Cak Alfan tersebut. Pria yang juga sering tampil dalam seminar sebagai pemerhati millenial ini menambahkan “ini adalah buku yang sesuai bagi siswa kelas 10 dan kebetulan belum ada buku serupa” kata beliau dengan bangga. Ustadah Diana sendiri menambahkan “butuh proses yang cukup panjang dan melelahkan untuk menyusun buku ini, terutama karena ada kesibukan masing-masing, jadi pada dasarnya yang penting self management, bagaimana kita mengatur waktunya”. “Keberhasilan guru BK SMA dan SMK Bayt Al Hikmah Kota Pasuruan melahirkan karya berupa buku ini seolah selaras dengan tema hari kemerdekaan tahun ini yang dicanangkan oleh pemerintah “SDM Unggul Indonesia Maju” demikian yang disampaikan oleh Ust. Ulum selaku kepala sekolah. Beliau sendiri sangat mengapresiasi karya yang sudah ditelurkan oleh tim guru BK tersebut. Salah satunya dengan langsung memerintahkan agar lembaga yang bernaung di yayasan bayt al hikmah baik SMA maupun SMK wajib memakai dan membeli buku tersebut.

Buku yang berjudul BIMBINGAN KONSELING  kelas X SMA/K karangan Alfan Arifudin, M.Si dan Nida’u Diana, S.Psi ini  setebal 105 halaman berisi 12 Bab dengan rincian sebagai berikut. Bab 1 membahas konsep diri, Bab 2 tentang  Persepsi, Bab III tentang Kecerdasan, Bab IV Kids Zaman Now, Bab V Bullying, Bab VI Mengenal bakat dan Minat, Bab VII Adversity Quotient, Bab VIII Sense Of Belonging, Bab IX Kepekaan Sosial, Bab X Peer Councelor, Bab XI Penampilan Cermin Kepribadian dan Bab terakhir mengupas tentang cara Mengatasi Kesulitan belajar dengan “Mind Map”. Secara khusus ustad Alfan menambahkan bahwa yang istimewa dalam buku ini kata pengantarnya disusun dan ditulis langsung oleh Ketua MGBK Provinsi Jawa Timur bapak Drs. Didiek Budihardjo, M.M. “dalam sambutannya Pak Didiek menyampaikan semoga buku ini memberikan manfaat bagi genersi muda, generasi yang mampu tumbuh menjadi pribadi yang perduli, mampu berkembang menjadi pribadi yang tidak lagi saling membully, hingga menjadi pribadi yang mampu memiliki sikap gotong royong” demikian beliau menyampaikan. Yang menarik lagi, tercetaknya buku BK ini juga tidak lepas dari peran serta dari guru-guru SMK dan SMA yang lain. Urusan cover  depan misalnya, dibikin oleh Ustad Yudha guru DKV SMK Bayt Al Hikmah. Saat dikonfirmasi ustad yang flamboyan ini mengiyakan. “memang saya yang bagian mengkonsep cover depannya”. “cover bukunya digambarkan dengan kunci dengan maksud buku ini bisa jadi kunci awal keberhasilan anak menuju kesuksesan” kata beliau. Tak lupa juga desain buku yang dikerjakan oleh Ustad Fauzan (salah satu guru SMK).

Beberapa guru SMA dan SMK Bayt sendiri ketika ditemui tim redaksi mengungkapkan rasa kekaguman dan apresiasi atas karya guru BK tersebut. Seperti yang disampaikan oleh Ustad Khoiron “saya ingin juga membuat buku agar karya saya diingat dan dipelajari, sehingga amal jariah terus mengalir”. “Peluncuran buku yang bertepatan dengan bulan kemerdekaan RI  apalagi temanya tahun ini SDM Unggul Indonesia Maju, ini menunjukkan bahwa SDM guru bayhi terus meningkat dan unggul” kata Ustad Ian salah satu guru senior. Demikian juga yang disampaikan oleh ustadah Suaibah " karya dari ustad Alfan dan ustadah Diana ini harus jadi pelecut semangat guru-guru yang lain untuk ikut aktif menghasilkan karya-karya yang membanggakan yang lain". Yang menarik adalah respon positif dari anak anak ketika tim redaksi menanyakan perihal buku ini kepada beberapa siswa rata-rata komentar mereka sangat senang dan bangga serta antusias dengan keberadaan buku ini. “semoga buku ini segera diterbitkan agar bisa segera kami pelajari” kata salah satu siswa yang menolak disebutkan namanya. Hal tersebut juga dipertegas oleh Ust. Ulum “semua guru harus bisa kreatif dan terus berusaha membuat karya tulis bisa berupa handout, modul atau bahkan buku, sehingga muncul karya-karya lain dari para guru” kata beliau. (irb/liem).

Unidha Alamat : Jl. Patiunus No.25, Krampyangan, Bugulkidul, Kota Pasuruan, Jawa Timur
Telepon : (0343)413549
Email : info@baytalhikmah.net
© 2019 Yayasan Bayt Al-Hikmah Pasuruan