Profile

Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah adalah sebuah lembaga baru yang didirikan oleh civitas pesantren Salafiyah Pasuruan dan dibentuk khusus sebagai lembaga penyelenggara pendidikan formal. Sebagai pesantren yang telah berumur lebih dari dua abad, Pondok Pesantren Salafiyah Pasuruan telah cukup dalam menancapkan perannya dalam pembangunan pendidikan dan karakter bangsa menurut cara dan pola yang terus dipertahankan hingga sekarang, yakni model pendidikan non formal yang berbasis salafy.

Meskipun demikian, civitas pesantren Salafiyah tidak menutup mata akan akselerasi perkembangan dunia pendidikan dewasa ini yang semakin banyak memberikan ragam pilihan bagi upaya pencerdasan kehidupan bangsa dan pengembangan sumber daya manusia yang unggul. Berbagai pilihan demikian harus ditangkap sebagai sebuah tantangan bagi para pengelola pendidikan, sebagaimana juga pesantren, untuk senantiasa tanggap dan meresponnya secara tepat, sehingga dunia pendidikan selalu relevan dengan dinamika masyarakatnya.

Karena itu, civitas pesantren Salafiyah merasa perlu memperluas jangkauan visi dan misinya ke arah ruang-ruang peran yang lebih terbuka, selain peran kepesantrenan model salafy yang telah selama ini dilakukan. Perluasan jangkauan ini di antaranya adalah dengan mendirikan sekolah-sekolah formal, mulai dari tingkat pra sekolah bahkan hingga perguruan tinggi, sebagai bagian dari kontribusi yang lebih signifikan lagi bagi pengembangan dunia pendidikan di tanah air.

Dalam lingkup kerangka pemikiran di atas, Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah didirikan sebagai sebuah lembaga penyelenggara pendidikan formal yang berdiri sendiri, artinya di luar struktur Pondok Pesantren Salafiyah Pasuruan, namun tetap dikelola dan di bawah kontrol pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Pasuruan. Hal ini dilakukan agar Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah mempunyai keleluasaan bergerak dan manajemen yang mandiri dalam mendirikan dan mengelola berbagai sekolah formal sebagaimana yang dimaksudkan, sehingga tidak terikat dengan struktur dan pengelolaan Pondok Pesantren Salafiyah Pasuruan yang tetap dipertahankan dalam sifatnya yang genuine.

One Response to Profile

  1. admin says:

    Iya kita menganut salafi ahlusunnah waljama’ah,trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>